..:: Blog-Nyo MangOeni ::..

Ada Cerita, Ada Berita, Ada Tulisan, ada-ada aja…

Riwayat Hidup H. M. Soeharto

with 50 comments

Mantan Presiden RI ke 2 HM. Soeharto

Nama : HM. Soeharto

Tempat/ Tanggal Lahir :
Kemusuk, Argomulyo, Godean Yogyakarta, 08 Juni 1921
Agama : Islam
Alamat Rumah : Jalan Cendana 8, Menteng Jakarta Pusat

Keluarga

Orangtua :
Kertosoediro (Alm) & Sukirah (Alm)

Istri : Siti Hartinah (Alm)

Anak

1. Siti Hardijanti Hastuti
2. Sigit Harjojudanto
3. Bambang Trihatmodjo
4. Siti Hediati Harijadi
5. Hutomo Mandala Putra
6. Siti Hutami Endang Adiningsih

  Riwayat Pendidikan

  • SD di Tiwir, Yogyakarta, Wuryantoro dan Solo (1929-1934)
  • SMP dan Sekolah Agama, Wonogiri dan Yogyakarta (1935-1939)
  • Masuk KNIL dan Mengikuti Pendidikan Dasar Militer di Gombong, Jateng (1 Juni 1940).
  • Sekolah Kader di Gombong (2 Desember 1940)
  • Masuk Kepolisian Jepang Keibuho (Mei 1943)
  • SSKAD, Bandung (1959-1960)

Karier

  • Menjadi Shodanco (Komandan Peleton) PETA di Yogyakarta (8 Oktober 1943)
  • Menjadi Cudanco (Komandan Kompi) PETA setelah Mengikuti Pendidikan (1944)
  • Kembali ke Yogya dan Membentuk Barisan Keamanan Rakyat (Agustus 1945)
  • Dan Yon Brigade (1945 – 1950)
  • Komandan Brigade Pragola Sub Teritorium IV Jawa Tengah (1953)
  • Komandan Resimen Infanteri 15 (1953)
  • Kepala Staf Teritorium IV Divisi Diponegoro (1956)
  • Deputi I Kasad (1960)
  • Ketua Komite Ad Hoc Retooling TNI – AD (1960)
  • Atase Militer RI di Beograd, Paris dan Bonn (1961)
  • Panglima Mandala Pembebasan Irian Barat (1962)
  • Panglima Kostrad (1963 – 1965)
  • Pimpinan Sementara TNI – AD (1965)
  • Panglima TNI – AD (1966)
  • Ketua Presidium Kabinet Ampera (1966)
  • Pejabat Presiden RI (1967)
  • Presiden RI Hasil SU MPR (TAP MPRS No. XLIV/MPRS/1968 Masa Jabatan Pertama)
  • Merangkap Jabatan Menteri Pertahanan dan Keamanan (6 Juni 1968)
  • Terpilih Kembali Sebagai Presiden RI (TAP MPR No. IX/1973 Masa Jabatan ke-Dua)
  • Terpilih Kembali Sebagai Presiden RI (TAP MPR No. X/1978 Masa Jabatan ke-Tiga)
  • Terpilih Kembali Sebagai Presiden RI oleh SU MPR (TAP MPR No. VI/MPR 1983 Masa Jabatan ke-Empat)
  • Terpilih Kembali sebagai Presiden RI pada 10 Maret 1988 Masa Jabatan ke-Lima.
  • Ketua Gerakan KTT Non Blok (GNB) (1992-1995)
  • Terpilih Kembali sebagai Presiden RI oleh SU MPR pada 11 Maret 1993 Masa Jabatan ke-Enam.
  • Ketua Asia Pasific Economic Cooperation (APEC) di Bogor
  • Terpilih Kembali sebagai Presiden RI untuk masa bakti 1998-2003 Masa Jabatan ke-Tujuh (namun mengundurkan diri pada 21 Mei 1998).

Penghargaan

  • Bintang RI Klas I
  • Bintang Mahaputra Klas I
  • Bintang Jasa Klas I
  • Bintang Dharma
  • Bintang Sakti
  • Bintang Gerilya
  • Bintang Sewindu APRI
  • Bintang Kartika Eka Paksi Klas I
  • Bintang Jalasena Klas I
  • Bintang Garuda
  • Bintang Swa Buana Paksi Klas I
  • Bintang Bhayangkara Klas I
  • Satya Lencana Teladan
  • Satya Lencana Kesetiaan
  • Satya Lencana Perang Kemerdekaan I
  • Satya Lencana Perang Kemerdekaan II
  • G.O.M. I
  • G.O.M. II
  • G.O.M. III
  • G.O.M. IV
  • Satya Lencana Satya Dharma
  • Satya Lencana Wira Dharma
  • Satya Lencana Penegak
  • Bintang Yuda Dharma Klas I
  • The Raja of The Order of Sikatuna (Filipina)
  • Grand Collier of The Order of Sheba (Ethiopia)
  • Grand Collier de L’Order National de L’independence (Kamboja)
  • The Most Auspicious Order of The Rajamitrabhorn (Thailand)
  • Darjah Utama Seri Mahkota Negara (DMN) (Malaysia)
  • Order Van de Nederlandse Leeuw (Belanda)
  • Sounderstute des Grosskreuzes (Special order of the Grand Cross), Jerman
  • Grand Cordone (Italia)
  • Grand Gordon Order de Leopold (Belgia)
  • Grand Croiix de Legion 1 honneur (Prancis)
  • Groos Stern des Ehren Zeichens Feur Verdienste um die Republik Qesterreich (Austria)
  • Tanda penghargaan Yugoslavia
  • Satya Lencana Pahlavi (Iran)
  • Grand Cordon of the Supreme Order of the Chrysanthemum (Jepang)
  • Bapak Pembangunan RI
  • Bintang Kehormatan Moogunghwa dari gerakan kepanduan Korea Selatan (1 Juli 1986)
  • Penghargaan Medali Emas FAO (21 Juli 1986)
  • Penghargaan Kependudukan PBB (United Nations Population Award – UNPA) (8 Juni 1989)
  • Medali emas Uniesco Avicenna (Pendidikan) (19 Juni 1993).
About these ads

Written by mangoeni

Januari 29, 2008 pada 2:31 am

Ditulis dalam Berita, Tahukah Anda, Tulisan

Dikaitkatakan dengan , ,

50 Tanggapan

Berlangganan komentar dengan RSS.

  1. Kenapa dalam riwayat hidup Soeharto ini tidak dicantumkan kejadian pada akhir tahun 50-an, ketika sebagai Pandam Diponegoro dia “diskors” secara halus oleh AH Nasution dengan cara diharuskan mengikuti SESKOAD di Bandung?

    Hukuman itu dimaksudkan agar Sopeharto kembali ke jalan yang benar sebagai prajurit TNI.

    Apa sih kesalahan Soeharto sampai dijewer oleh Nasution? Berdagang beras dan menyelundupkan gula ke Singapura!

    ————

    @ Robert Manurung

    Benar sekali Bung Robert, pada saat itu beliau (Suharto) dikenal sebagai sponsor penyelundupan dan berbagai tindak pelanggaran ekonomi lain dengan dalih untuk kesejahteraan anak buahnya. Suharto membentuk geng dengan sejumlah pengusaha seperti Lim Siu Liong, Bob Hasan, dan Tek Kiong, konon masih saudara tirinya. Dalam hubungan ini Kolonel Suharto dibantu oleh Letkol Munadi, Mayor Yoga Sugomo, dan Mayor Sujono Humardani. Komplotan bisnis ini telah bertindak jauh antara lain dengan menjual 200 truk AD selundupan kepada Tek Kiong.

    Persoalannya dilaporkan kepada Letkol Pranoto Reksosamudro yang ketika itu menjabat sebagai Kepala Staf Diponegoro, bawahan Suharto. Maka MBAD membentuk suatu tim pemeriksa yang diketuai Mayjen Suprapto dengan anggota S Parman, MT Haryono, dan Sutoyo. Langkah ini diikuti oleh surat perintah Jenderal Nasution kepada Jaksa Agung Sutarjo dalam rangka pemberantasan korupsi untuk menjemput Kolonel Suharto agar dibawa ke Jakarta pada 1959. Ia akhirnya dicopot sebagai Panglima Diponegoto dan digantikan oleh Pranoto. Kasus Suharto tersebut akhirnya dibekukan karena kebesaran hati Presiden Sukarno

    Robert Manurung

    Januari 29, 2008 at 8:25 pm

    • maaf,,,apa kah dulu orang tua anda ikut perang melawan penjajah,,?
      kalo ia,orang tua anda dulu menjabat sebagai apa?
      dan kalo orang tua anda dulu tidak ikut perang melawan penjajah,,,
      apa kah anda tidak malu,berbicara menjelekan pejuang indonesia,yg jelas-jelas
      dia telah menylamat kan bangsa indonesia dari penjajah,yang menyensarakan rakyat,
      dan saya peribadi menilai pak haro,adalah pejuang yang siap mati demi negara,
      dan kamu coba ingat-ingat masalah kasus pak haro,,,!
      bila mana pak harto mau di ajukan ke sidang/pengadilan pasti ada aja bencana alam yang melanda indonesia,,,kamu ingat” sunami di aceh,dan bancana lain’y di indonesia,dan semuannya terjadi di saat-saat pak harto akan di bawa ke pengadilan atas dugaan korupsi,dan saya berfikir bencana itu bukan suatu ke betulan,mukin allah dan alam yg telah murka pada rakyat indonesia yg terlalu sombong dan tidak pernah ucapkan terima kasih kepada para pejuang bangsa,
      dula jaman’y pak harto jaran ada bencana alam,desa saya juga ga pernah kebanjiran,biarpun desa saya dekat sungai alam/besar,tapi setlah pak harto lengser dari kursi persiden,bencana alam di mana-mana sunami,banjir,tanah longsor,angin topan,dan masih banyak lain’y,dan di desa saya juga hampir tiap tahun desa saya di ancam banjir,wa allahu alam,

      satria penakluk

      Juli 14, 2013 at 6:52 pm

  2. ITS I DO KNOW…………..

    AKANK NANDA PRABU SILIWANGI

    Februari 5, 2008 at 2:56 pm

    • kkokoooonnnnnnnnn ttttt ooooo eeel lllllllll

      momon

      Januari 11, 2010 at 6:36 pm

    • Nggo opo maneh wonge wis ra ono, nggk perlu di bhas2 lah, do’akan sj smg arwahnya dditrima disisi Allah swt, dan kt bs melanjtkn perjuangannya, mslh doso ben gusti Allah sing ngukum nang akhrat, tapi sa orane kto biso nuladani sing apik ditiru lan teruske sing elek ditinggal ojo ditru.

      H.sukiran

      Agustus 1, 2011 at 4:43 pm

      • gk perang koq ditruzno perange

        paijo

        Februari 17, 2013 at 9:15 pm

  3. wow … hebat ….

    Jhonie

    Februari 22, 2008 at 7:48 am

    • mmmmmmmmmmmmmmmm eeeeeeeeeeeeeeee mmmm eeeeeee kkkkkkk

      momon

      Januari 11, 2010 at 6:37 pm

      • asu maneh

        maman

        Januari 19, 2010 at 8:17 am

      • asu maneh teh naon ????
        aduh aneh” wae …..

        dea safira

        Januari 19, 2010 at 9:25 am

  4. knp semua g d jelaskan lebih rinci ,jelas dan detail, kalau bisa di perjelas,wassalam……….

    sam

    Februari 25, 2008 at 6:53 pm

  5. bung harto tuh bijaksana bgt dlm mepertahankan indonesia,negara kita. walaupun dia korupsi tapi dia bisa jaga indonesia dari masalah.dan gw gak suka pemerintah jaman sekarang!!! eh pemerintah!!klo low bijaksana low musti ganti rumah penduduk yang udah low gusur dan low engga boleh korupsi lagi!!!!pokoknya klo low blom ganti rumah yang low gusur dan low masih ngegusur rumah penduduk low akan tau akibatnya!!!!!!!!karma bakal berlaku buat low slama 3 hari!!!!!!!!!!!!!!!!

    stephani

    Februari 28, 2008 at 3:28 pm

    • Pak harto orangnya bijaksana,wibawa,merakyat beliau langsung trurun ke rakyat dalam arti beliau sering mengadakan wawancara atau temu wicara dengan rakyat mendengarkan keluhan-keluhan dan masalah mereka terutama pada masyarakat pedesaan khususnya para petani.

      Nabilla

      Februari 4, 2012 at 12:07 pm

  6. Saya dari dulu salut dengan pak harto, mungkin karena bapak saya seorang petani kali yaaaa…. Dulu petani hidup dengan nyaman enak dan tak banyak masalah. Tapi bukan berarti selalu dimanja oleh pemimpin pada saat itu, tapi sistim pembinaannya yang oke punya, tidak seperti sekarang. Kita dulu diberi PANCINGNYA dan dikasih tau cara menggunakannya,bukan dikasih IKAN seperti sekarang,dan bingung cara memakannya he he he…. masih banyak lagi contohnya. mi3n_lie@yahoo.com

    muslimin

    Maret 11, 2008 at 3:05 pm

  7. dulu telur 2000/kg.lengser10000/kg gmn

    sugar

    September 9, 2008 at 12:09 am

  8. sebagai pemimpin bangsa semua presiden/mantan presiden patut kita teladani yang baik2 saja yang jelek2 dibuang. semoga negara kita mjd bangsa yang besar dengan pengalaman sejarah yang timbul tenggelam. krn perang baratayudha mesti terjd dlm cerminan saat ini agar tujuan kebenaran dapat ditegakkan.semoga kita yang selalu ingat dengan Allah SWT diberikan keselamatan sampai kita tahu dan melihat kejayaan Negara Indonesia yang Gilang gemilang.

    komar

    Oktober 3, 2008 at 1:04 pm

  9. ketika kasus korupsi ini terbongkar,saking malunya dan kesal jenderal Ahmad yani sampai menempeleng suharto.
    untung lah masih dibela oleh jenderal nasution,karena itu suharto dikirim ke seskoad.
    di seskoad Jenderal DI Panjaitan menolak suharto menjadi ketua senat karena saat itu terbukti suharto adalah orang yang berkasus,hal inilah yang membuat suharto dendam terhadap jenderal DI Panjaitan
    bila dilihat maka semua korban g 30s adalah orang2 yang pernah mempermalukan suharto di karir militernya
    7 jenderal tersingkir,1 jenderal naik berkuasa

    pemimpin operasi g 30s adalah letkol untung,kolonel latief,brigjen suparjo sebagai pendukung adalah orang2 dekat suharto semua

    hanya kolonel latief yang selamat dari hukuman mati,
    letkol untung selama di dalam penjara masih percaya kalau hukuman mati untuknya tidak akan dilakukan,karena operasi g 30s didukung oleh suharto.Bahkan suharto mengirim pasukannya sebagai bantuan operasi g 30s,sayangnya letkol untung hanya sebuah pion bagi suharto,untuk melakukan KUP yang sebenarnya

    menurut pengakuan kolonel latief,ketika serangan umum satu maret,disaat kolonel latief terdesak oleh pasukan belanda,hingga tersingkir ke kuburan kuncen,yang suharto lakukan saat itu adalah sedang asik menikmati soto babat,dan tidak ikut berperang.

    hubungan suharto dengan pelaku g 30s
    suharto- letkol untung = bekas anak buah,bahkan suharto menghadiri pernikahan letkol untung

    suharto-kolonel latief = bekas anak buah

    suharto brigjen suparjo = sama2 aktif di partai murba ketika tahun 50an

    Jadi siapakah suharto ini…

    Jenderal

    Oktober 23, 2008 at 6:03 pm

  10. saya bangga dengan pak soeharto. Walaupun banyak orang yang berkata bahwa p. soeharto banyak melakukan tindak korupsi. Saya mengambil sisi baiknya. Dia amat banyak membawa nama baik indonesia ke hadapan dunia. Tidak hanya sekali bahkan berkali-kali.
    Trimakasih

    shafira

    Januari 12, 2009 at 9:45 pm

  11. soeharto is heroes for RI……I LOVE HIM…..

    djoes poerba

    Februari 23, 2009 at 10:47 pm

  12. .jujur nau ska bgt ma riwayat hidup nomh.karno.
    .and jujur jga nay ntu mengagumi bgt sama yang nma nya bumh . karno…
    .nay salut bgt sma beliau…

    inha

    Januari 31, 2010 at 10:56 am

  13. .jujur nay ska bgt ma riwayat hidup bung.karno.
    .and jujur jga nay ntu mengagumi bgt sama yang nma nya bung . karno…
    . and nay juga salut bgt sma beliau…

    inha

    Januari 31, 2010 at 11:06 am

  14. trima kasih alm pak soeharto atas hutang di luar negeri yg hingga sampai kini blm dilunasi sby(kebo)

    ikhsan

    Maret 22, 2010 at 1:55 pm

    • dh nyumbang apa lo m NKRI?gajah depan mata gk kliatan,semut sebrang benua trlihat jelas di mata lo.anak raja lo?mw bayarin utang indonesia apa kl lo dh blg gt?hebat ya lo….minder kita

      bayu

      Juli 21, 2012 at 3:12 pm

  15. soeharto presidenku…

    iyun

    April 21, 2010 at 11:28 am

  16. soehartoo is the best

    chita

    Oktober 10, 2010 at 5:18 pm

  17. ngentod

    arindra

    Maret 22, 2011 at 11:22 am

  18. bagi saya soeharto adalh sosok peimpin yg mampu membawa nama indonesia di kancah internasional,,,bahkan beliau juga mampu menjadikan indonesia negaray yg sangat di segani saat itu,,,indoneisa juga mampu menunjukkan generasi yg bagus dan berprestasi di dunia,,,tidak dgn skrg pemimpin kita banyakan program,,,soeharto best of the best,,,semoga allah swt,,memberikan tempat yg layak disisi beliau,,,amien yarabbal alamin…

    yayan

    April 1, 2011 at 7:48 pm

  19. hutang negara masa lampau memang banyak tapi juga menguntungkan bagi yg mau ikut program transmigrasi
    mungkin sebagian besar orang di kawasan trans masih merindukan sosok suharto trim……….~

    jarwoto

    Mei 22, 2011 at 10:29 pm

  20. setiap pemimpin pasti memiliki sisi baik dan buruknya, maka marilah kita contoh kebaikan dan kebajikan yang telah dilakukan.. namun tinggalkan lah keburukan atau kesalahan yang ia buat.
    Jadikanlah itu semua sebagai pelajaran bagi kita untuk menjadi manusia yang lebih baik lagil.

    Soeharto, we love you..

    Vhaa Quinz

    Agustus 26, 2011 at 7:38 pm

  21. sosok yg diktator,licik dan kejam ,biar lah Allah yg akan membalas segala perbuatan anda.

    rakyat jelata

    September 1, 2011 at 11:59 pm

  22. Ganyang cina

    Mahmoud abbas

    Oktober 2, 2011 at 4:09 pm

  23. asu kabeh raimu iso opo nggo negara iki , kiriiiiik!?

    wisnoe

    Oktober 6, 2011 at 6:59 am

  24. presiden otoriter berpihak orang banyak demi keamanan, kesejahteraan, pilihan wakil rakyat, berani berkorban, satria, terakir mengundurkan diri karena sebagian rakyat menghendakinya.

    vhia kuchiky miina lee

    November 4, 2011 at 3:28 pm

    • Pak harto adalah sosok pemimpin yang sampai saat ini belum ada tandingannya.
      Sosok pemimpin yang mau bekerja untuk rakyatnya..
      Tegas, berani dan sangat disegani oleh negara lain.
      Pak harto adalah macan asia..
      Asalkan anda tau pak harto lengser akibat adanya pihak yang tidak senang dan belum mendapatkan posisi di republik ini, makanya saat itu mahasiswa sebagai kaki tangan mereka untuk melengserkan pak harto.
      Pak harto berhutang tapi ada perubahan nyata dan kita ikut menikmati apa yang telah dibangun n dilakukan pak harto. rakyat hidup makmur, keamanan stabil. Gak kayak sekarang maling di mana2, kejahatan merajalela..
      Masa’ kita ikut menikmati tapi gak mau bayar hutang?
      Jangan cuma melihat sisi negatifnya. anda masih hidup sampai saat ini karena perjuangan pak harto mempertahankan republik ini.
      Coba bandingkan dengan kepemimpinan yang sekarang dan yang kemarin2, terasa sekali perbedaannya. udah korupsi, g ada hasilnya.. malu dunk….!!!

      Hidup pak harto, semoga engkau selalu dikenang..

      sukri

      November 8, 2011 at 12:44 pm

  25. asu maneh kabeh gulet lah merene

    Mumun

    Desember 14, 2011 at 10:09 pm

  26. Apapun alasannya Pak Harto adalah Bapak Pembangunan bagi Republik Indonesia. Saran saya sebaiknya bagi para kaum muda Indonesia janganlah melihat pada kekurangan yang dilakukan oleh Pak Harto, yang terbaik bagi kaum muda adalah bertanyalah pada diri kaum muda sekarang ini, apa yang dibuat oleh kaum muda Indonesia untuk melanjutkan pembangunan seutuhnya bagi Bangsa Indonesia secara menyeluruh. Thanks so much.

    antonio verdial de sousa

    Januari 23, 2012 at 11:24 am

  27. penghargaannya banyak amat..

    iqbal

    Januari 29, 2012 at 3:25 pm

  28. coba saja presiden masih pak harto,, di jamin nasib rakyat indonesia akan jauh lebih baik..

    agung

    Februari 19, 2012 at 12:39 am

  29. sepertinya inti penjajahan itu adalah menjarah kekayaan alamnya.berhubung peradaban dunia tidak membenarkan penjajahan?dg cara menaklukkan secara fisik atau mengusirnya?lalu menguras sumber alamnya?caranya kemudian diatur menjadi lain?orangnya tetap ditempat?tapi kekayaan alamnya mengalir keluar?ke ke negara penjajah?aku menyayangkan kenapa Suharto memberi ijin eksplorasi emas di papua?dg isi kontrak yg sepertinya tidak mencerminkan keadilan.jadinya,merdeka dari tangan penjajahan masuk ke mulut penjarahan?

    rinto ermanda

    Februari 22, 2012 at 8:15 pm

  30. soeharto itu emang hebat yah meskipun hidup sebatang kara tetapi dia masih mampu untuk membiyayai keluarganya wauuu it s so coooooooooooooooooool???????????????????

    fegyy

    Maret 8, 2012 at 12:34 pm

  31. Pak harto adalah orang yang paling ber jasa bagi warga negara indonesia dalam segala macam bidang dari tingkat atas sampai tingkat bawah,,,,,,orang nya bijak sana, tegas, disiplin,,,,dan bisa membangkitkan semangat anak bangsa,,,,,,,,semoga arwah beliau diterima disisi yang maha kuasa di tempat yang layak,,,,,

    Derisman Wali

    Mei 4, 2012 at 6:08 pm

  32. Setanharto

    Razak

    Mei 24, 2012 at 7:04 pm

    • kawn jangan begitu…… Beliau adalah pemimpin yang seharusnya kita rindukan. Bukan manusia dia klu mencemoh kepemimpinan Beliau. Sekali lagi saya katakan secara tegas untuk tidak mencemoh beliau. trimakasih Kawan..!!

      erick wabula

      Agustus 7, 2013 at 9:36 am

  33. Kapan negara ini memiliki presiden yg berwibawa. Dan merakyat lagi. Jasa mu! Pak harto kan kami kenang selalu.

    Salman rato

    Mei 25, 2012 at 10:24 am

    • tindakan yang slah wajar sebgi manusia d sudah mendapat kan hukuman,tapi pak Harto persiden yg bis amenjadi contoh yg lain sopan, merakyat,di homati negara lain,semua kebutuhan masyarakat murah
      negara aman pokoknya salutlah pak Harto mudah mudahan ada pengati seperti bapak kedepan.

      joko wahidin

      Juni 22, 2012 at 10:06 am

  34. zp pun dirix n
    apapun anggapan orang2
    trhadap dirix tp aq pribadi
    sngt salut kpd beliau n sampe
    sekrang belom ada pemimpin
    indonesia yg bisa memberi
    rasa aman kpd rakyat ri
    kecuali beliau, dulu semasa
    kepemimipinanx tdk ada demo2
    g ada pmberontak,g ada kerusuhan,g ada korusi n
    g ada bangsa luar negri yg
    berani mencemooh indonesia seperti sekrang, always miss
    u pa harto, semoga amal
    ibadahmu diterima disi ALLAH
    sungguh jasa2mu bnyak bagi
    bangsa indonesia…

    mila

    Juli 2, 2012 at 6:41 pm

  35. mungkin jokowi suatu saat bisa menjadi presiden seperti pak harto hidup jokowi………..!!!!!!!!

    dika

    Juli 18, 2012 at 11:36 pm

  36. kami merindukan kepemimpinanmu baginda…..

    erick wabula

    Agustus 7, 2013 at 8:42 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: