..:: Blog-Nyo MangOeni ::..

Ada Cerita, Ada Berita, Ada Tulisan, ada-ada aja…

Cara Gampang Berhenti Merokok

with 25 comments

Berhenti Merokok YokBERHENTI merokok memang sulit, Sekarang Ada Solusinya Penyebat sulitnya menghentikan rokok, terletak pada nikotin yang dikandung rokok. “Nikotin merupakan komponen penyebab rasa ketergantungan. Bahkan, efek ketergantungan nikotin pada manusia 5-10 kali lebih kuat daripada kokain atau morfin.

Nikotin dari hisapan rokok, terserap dalam darah dan diteruskan ke otak. Di dalam otak, ada reseptor yang menerima nikotin tersebut sehingga melepaskan zat yang disebut dopamine. Nah, dopamine inilah yang memberikan rasa nyaman dan bahagia. Namun, efek rasa nyaman itu akan hilang seiring dengan berkurangnya dopamine yang diterima otak. Akibatnya, munculah keinginan kembali untuk merokok.

Namun, meskipun sulit, kebiasaan merokok bisa dihilangkan. Pertama, yakini bahwa rokok itu jahat dan tidak ada manfaatnya sama sekali bagi Anda dan keluarga. Kedua, yakini bahwa diri Anda bisa berhenti merokok. “Contohnya bagi yang muslim “dan taat tentunya” selama bulan Ramadhan, kita bisa tidak merokok di siang hari,”.

Ketiga, kuatkan niat Anda untuk berhenti merokok. Caranya, tetapkan tanggal pasti akan berhenti merokok. “Misalnya, pada tanggal sekian, bulan sekian tahun sekian saya akan berhenti merokok”.

Selanjutnya, buang semua hal yang berhubungan dengan rokok. Tiada maaf untuk merokok walau hanya satu isapan. Bagaimana dengan rokok mild (rendah nikotin)? “Rokok mild justru meningkatkan keinginan untuk menghisap rokok lebih banyak lagi, jadi kalau ingin berhenti merokok, jangan mengganti jenis atau banyaknya rokok, tapi benar-benar stop merokok.”.

Untuk berhenti merokok, dibutuhkan dukungan keluarga dan lingkungan. Sebab, 70 persen perokok yang ingin berhenti merokok. Tapi, hanya 5-10 persen saja yang melakukannya tanpa bantuan. “Beberapa bulan setelah berhenti merokok, biasanya, akan muncul gejala-gejala tidak mengenakkan. Karena itulah dibutuhkan dukungan keluarga dan lingkungan terdekat”.

Beberapa gejala itu yakni mudah tersinggung, frustasi atau marah (4 minggu), insomnia (gangguan tidur), anxiety (rasa cemas), meningkatnya nafsu makan atau berat badan (>10 minggu), tidak sabar(<4 minggu), dysphoric atau depresi dan sulitnya berkonsentrasi (<4 minggu).

Namun, jangan khawatir, sekarang ada terobosan terbaru, solusi berhenti merokok pertama di Indonesia. “Sekarang ada obat untuk menghentikan kebiasaan merokok yakni Varenicline Tartrate, yang diproduksi oleh PT Pfizer”. Varenicline bekerja pada reseptor nikotin yang terdapat di otak dengan dua cara. Yaitu menstimulasi reseptor untuk melepaskan dopamin secara parsial sehingga menurunkan gejala-gejala berupa pusing kepala, sulit berkonsentrasi, dan perasaan kurang enak yang timbul karena proses berhenti merokok.

Selain itu, juga menghalangi nikotin menempel pada reseptor dan mengurangi rasa nikmat yang ditimbulkan dari rokok jika pasien merokok kembali. Efektivitas obat tersebut teruji dalam studi terhadap 2.000 perokok. Lebih jauh dijelaskannya, varenicline diindikasikan untuk terapi stop merokok pada orang dewasa. “Tetapi, terapi ini harus disertai dengan niat yang kuat dari perokok serta dukungan keluarga,”. Obat ini berupa tablet yang dapat dimakan bersama segelas air.

Hayoo.. stop merokok yoo..

Written by mangoeni

Maret 5, 2008 pada 5:09 am

Ditulis dalam Tips

Tagged with

25 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. semoga generasi muda sadar akan bahaya merokok!

    wati wulandari

    Maret 5, 2008 at 10:09 pm

  2. Kalau anda ingin berhenti merokok tanpa perlu menderita silakan kunjungi situs kami. Jangan lewatkan program gratis kami. http://www.seftcenter.com

    muhammadiman

    April 5, 2008 at 8:20 pm

  3. niat saya sangat bulat untuk bisa berhenti merokok, akibat dan efek negatif dari rokok juga saya sudah tahu. niat berhenti sudah lama tapi tidak pernah berhasil dengan metode seminar dan pengetahuan tentang bahaya rokok. apakah ada obat khusus untuk membantu berhenti merokok yang sifatnya permanen tanpa menimbulkan ketergantungan lagi terhadap obat tersebut kalau kita tidak mengkonsumsi obat itu secara terus menerus?

    ibnu

    Maret 22, 2009 at 1:41 pm

  4. CREWET SU CANGKEM GANGKEM KU DW

    HARJO

    Oktober 8, 2009 at 8:52 am

    • cerewet knpa…????
      memang bener tuch,,,…..
      gmna…?/// indonesia bisa maju klo kita masih tetap juga merokok……

      Guz Rhiezal

      Desember 11, 2009 at 11:57 pm

  5. Ya aku dah mau berhenti nie,,,….
    tpi tetap juga gak Isa,,,….
    gmna dunk…..

    Guz Rhiezal

    Desember 11, 2009 at 11:56 pm

  6. Bener boanget… berhenti merokok tergantung dari niat kita. aku juga perna jadi perokok tapi akhirnya bisa berhenti caranya sama denga metode diatas aku tetapkan tanggal yang kuanggap istimewa 03-03 kemudian ada cara lain yang tidak tercantum diatas kalau aku, nikmat isap rokok, disaat selesai makan wao ngerokok sambil pedas2 itu asik banget ketika aku punya niat,behenti sasaran aku saat asik ituloh jadi setiap selesai makan; aku cari kesibukan jadinya lupa merokok itu berlangsung hanya 1minggu agak gelisa jugaloh tap berkat niat suksesdeh skaramg aku bebas dari rokok yang jahat itu.

    Asmawati

    Maret 5, 2010 at 7:32 am

  7. wah,.. dahsat banget,…

    aku sudah cobah,..
    ternyata ampuh,..

    bagi yg mau berhintiin meroko jangan rugu2 lagi,..
    ayo,..

    kota basmi rokok,..

    say no to rokok,..

    wahid

    Mei 1, 2010 at 4:51 pm

  8. aku sudah banyak cara menhentikan merokok
    tapi hasilnya nihilll
    aq bru brumur 18 thun
    tlong pak ksih solusi yang lebih ampuhh
    aku tidak mau masa muda q hilang gara-gara rokok….

    angga

    Mei 9, 2010 at 10:43 pm

    • sama aku juga gitu tidak bisa hentiin rokok

      dauz

      Januari 22, 2011 at 7:48 pm

  9. merokok dapat menyebabkan kanker,serangan jantung,impotensi,dan gangguan kahamilan,dan janin,,,ya gax toooooooooo????????

    hanung

    Mei 13, 2010 at 11:17 am

  10. klo gak merokok kepala ku pusing dan maunya marah-marah jah,gmna solusinya ini

    rio

    Juni 13, 2010 at 8:23 pm

  11. ROOOOOOOOOOOOOOKOK DAPAT BUAT ORANG KEHABISAN UANG TAPI………. GIMANA LAGI SAYA SUDAH TERLANJUR CANDU. GIMANA YA PAK BISA KASIH SOLIUSI YG LBIH AMPUH…………? CCT: ROKOK …….ENTAH LA SUSA NYEBUTNYA

    EGI

    September 28, 2010 at 5:22 pm

  12. Susah bener untuk berhenti merokok,gimana cara yang alami tanpa obat ya?

    rinaldi saputra

    Desember 7, 2010 at 10:23 pm

  13. nambahin info..
    aku pernah baca web http://obatantirokok.wordpress.com
    herbal anti rokok katanya,,, bisa dicoba

    Fitri PMRELOAD

    Desember 22, 2010 at 11:42 am

  14. tolong,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    berilah saya motivasi agar bisa berhenti merokok…………… !! please,,,,,,,,,,
    aq tak mau hidup q sia” hanya untuk menikmati racun,,,,,

    iruel

    Maret 2, 2011 at 7:34 pm

  15. apakah ada cara lain untuk berhenti merokok untuk calon suami saya?

    bangkitindonesia12345

    April 3, 2011 at 11:33 pm

  16. saya ingin sekali menghentikan kebiasaan saya merokok ,,, tapi gimana cara mandapatkan obatnya ????

    ardhi

    Mei 18, 2011 at 10:28 pm

  17. ak ingin brhenti merokok
    Tpi gk bsa
    Krna kpala pusing lemas
    Cpat emosi dan lain2

    Beny Ben

    Mei 23, 2011 at 3:09 pm

  18. woy bls tuwh…………

    bapake

    Juni 23, 2011 at 12:51 am

  19. salah satu cara agar berhenti merokok adalah SEX .. .
    he he ,beneran lho ..

    s.b.o

    September 6, 2011 at 7:51 am

  20. gw bru 3 minggu berhenti rokok.. benar2 menderita.. takut, frustasi, depresi, pusing kepala, hal yang tidak pernah terbayang tiba2 ada difikiran, pokoknya aneh.. maklum dulu eks. perokok hyperaktif… tp dengan niat yang kuat kita pasti bisa.. Stop rokok..

    kakabradic

    Januari 8, 2012 at 1:13 pm


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: