..:: Blog-Nyo MangOeni ::..

Ada Cerita, Ada Berita, Ada Tulisan, ada-ada aja…

Menginstall WordPress menggunakan MAMP

with 3 comments


gambar : localhost yang berjalan di komputer saya.

Menyambung tulisan sebelumnya. Setelah MAMP sukses terinstall di mesin Apple Anda. Apa yang harus kita perbuat dengan localhost yang telah berjalan di system OSX tersebut. Membiarkannya layu sebelum berkembang, oh tentu tidak, kita dapat memanfaatkan server lokal yang kita miliki tersebut untuk bermain main dengan Web CMS (Content Management Systems) seperti Mambo, Joomla, Drupal, WordPress dan lain sebagainya. Disini saya akan menjelaskan bagaimana menginstall WordPress menggunakan MAMP. Bukan maksud menggurui, tutorial ini saya buat buat rekan-rekan yang masih awam dalam hal ini.

  1. Pertama sekali yang harus dilakukan adalah berdoa menurut kepercayaan Anda masing-masing. Setelah ritual tersebut, baru kemudian jalankan app MAMP yang terletak di /Aplications/MAMP/, dengan meng-klik dua kali pada icon MAMP untuk menjalankan aplikasi tersebut.
  2. Setelah muncul kontrol utama dari MAMP, Klik tab Start Servers,

    Tunggu sampai indikasi hijau yang menandakan bahwa server Apache dan MySQL telah berjalan. Lanjut dengan menekan tab open start pages pada kontrol utama MAMP. Akan tampil di peramban tampilan sebagai berikut :

  3. Catat host, user, serta password MySQL  jika Anda rubah, lalu klik link PHPMyAdmin. Lalu buat database untuk wordpress. Saya beri nama database tersebut “wordpress“, boleh yang lain sesuai selera pak Bondan “maknyuuuss” Winarno. Ini skrinyutnya :
  4. Unduh wordpress, setelah itu ekstrak dan tempatkan folder wordpress yang telah diekstrak di Aplications/MAMP/htdocs/
  5. Buka file wp-config-sample.php menggunakan editor text favorit Anda. Kita akan mengedit nilai yang ada di file tersebut agar WordPress dapat mengakses MySQL di local server Anda. Default username for MySQL adalah “root”. Default password juga “root”. Sesuaikan dengan user dan password jika sebelumnya Anda rubah menurut selera Anda. Hostnya “localhost:8888.”. Nama database sesuaikan dengan apa yang dibuat pada dilangkah ke 3 tadi. Simpan file tersebut menjadi wp-config.php di folder Aplications/Mamp/htdocs/wordpress/.
  6. Dan terakhir install WordPress dengan mengarahkan peramban ke link http://localhost:8888/wordpress/wp-admin/install.php.

Contoh wordpress yang telah berhasil saya install :

Dan selesailah sudah, WordPress telah terinstall di server lokal Anda. Terima kasih atas perhatiannya, mohon maaf atas segala kekurangan dari Tutorial ini. Sampai ketemu lagi. Bye2

Written by mangoeni

Mei 12, 2008 pada 2:29 am

3 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. tolong donk aku dah instal wordpress semua udah jalan tp ko langung ke blog yah larinya dan blm log in???gimana yah caranya biar aku bisa login dan bisa seting dari dalam apa itu bisa??/….sebelumnya nya terima kasih…

    jimzzz

    Mei 20, 2008 at 4:04 am

  2. what did you wrote to me?

    P.

    April 8, 2009 at 9:58 pm

  3. Wah, aku sudah coba MAMP di OSX tapi knapa ga bisa start, indikator merah ga mau berubah hijau ya …
    Apanya yang salah ?

    proby

    Juni 15, 2009 at 8:13 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: