..:: Blog-Nyo MangOeni ::..

Ada Cerita, Ada Berita, Ada Tulisan, ada-ada aja…

Sriwijaya FC kampiun Copa Indonesia… Lagi!!!

with 8 comments

SFC-Juara-oke

Ya, Akhirnya Sriwijaya FC kembali mengangkat Tropi Copa Dji Sam Soe untuk kedua kali berturut-turut dengan kemenangan “cuma-cuma” yang diberikan Persipura Jayapura.  Kemenangan ini menyamai rekor yg diukir oleh Arema Malang pada edisi 2005/2006 dan 2006/2007 diajang yang sama. Walaupun kemenangan yang aneh ini, tidak senikmat dan segurih rasa “Dji Sam Soe” sebagai sponsor utama kejuaraan ini, namun inilah sepakbola Indonesia yang sering mengalami kejadian-kejadian unik dan lucu dan tentunya harus kita terima dengan lapang dada.

Pertandingan yang berlangsung di Stadion Gelora Jakabaring, Palembang, Minggu (28/6/2009) malam WIB sempat menyuguhkan pertandingan yang menarik dan sesuai dengan ekspektasi para penggemar sepakbola tanah air. Sampai terjadinya aksi Walk Out oleh para pemain Persipura kurang lebih dimenit 59 babak kedua, karena tidak terima dengan keputusan wasit Purwanto yang tidak menunjuk titik putih sebagai hukuman yang diklaim para pemain Persipura terhadap Kiper SFC Ferry Rotinsulu yang melakukan pelanggaran kepada Ian Kabes, pemainnya. Akhirnya pertandingan terhenti dengan kedudukan 1 – 0 untuk SFC dari gol yang dicetak Anaoure Obiora di menit 51.

Sempat terjadi aksi ala “Topeng Monyet” yang dilakukan oleh para pemain Persipura terhadap wasit untuk mengintervensi agar merubah keputusan yang telah dilakukannya. Tapi apa boleh baut, wasit telah menetapkan keputusannya dan tak menggubris gugatan para peman tersebut, dan tak ayal aksi “WO” yang seharusnya hanya terjadi dipersidangan DPR pun harus terjadi di lapangan hijau. Sangat disayangkan memang, Persipura sebagai tim yang baru saja menjuarai ISL 2009 dengan beragam rekor yang telah diukirnya. Hanya dengan mengandalkan esmosi dan mental tempe penyet tidak mau lagi meneruskan pertandingan tersebut, tentu saja hal itu memberangus prestasi dan kehebatan yang mereka tunjukkan di ISL tahun ini.

Sebelumnya mohon maaf kepada para pendukung Persipura jika pandangan saya ini tidak objektif dikarenakan hanya melihat dari sudut padang saya saja sebagai fans SFC, namun harusnya dan semestinya memang pertandingan ini tidak harus berakhir sedemikian. Coba kita berkaca dengan kejadian di Liga Champion Eropa yang baru selesai bulan lalu. Mungkin terlalu berlebihan untuk membandingankan liga Champion Eropa yang nilai prestisenya mungkin beberapa kali lipat lebih dari CDSSI ini. Tapi, bisa kita ingat bagaimana Chelsea di semifinal leg kedua melawan Barcelona dikompetisi itu banyak dizalimi oleh wasit Tom Henning Ovrebo asal Norwegia dengan berberapa keputusan kontroversialnya kepada keduabelah pihak, walau ada protes yang berlebihan yang dilakukan beberapa pemain Chelsea namun mereka tetap dalam koridor menjunjung tinggi nilai sportivitas dan fair play terhadap kompetisi tersebut dan tentu saja tidak ada aksi “walk out”. Padahal sangatlah menyakitkan tersingkir di ajang yang sangat kompetitif dan sebesar liga Champion itu dengan cara yang agak sadis™ ala Afghan tersebut.

Andaikan saja aksi tersebut tidak dilakukan dan pertandingan terus dilanjutkan, walau dengan keputusan kontroversi dari wasit Purwanto yang memimpin pertandingan tersebut, lalu Persipura akhirnya mampu merebut tropi liga Indonesia, tentu saja prestasi yang sangat-sangat luar biasa dan menjadi pelajaran positif dan maha penting bagi tim-tim lain yang ada di Indonesia untuk selalu menjunjung tinggi nilai sportivitas dan fair play apapun kondisinya. Karena bukan predikat juara dan mendapatkam piala semata menjadi harga mati dalam suatu kompetisi. Unsur-unsur lain juga harus patut diperlihatkan, sportivitas dan fair play serta memberikan hiburan kepada para penggemar sepakbola tanah air itu yang lebih-lebih penting saya rasa, karena hal itulah kompetisi ini diadakan dan digelar.

Mungkin terlalu naif entah tepatkah istilah ini saya gunakan, lagi, lagi, lagi dan lagi dari kejadian seperti ini, semoga menjadi pembelajaran yang sangat berarti bagi pihak penyelenggara, korps wasit, manajer dan official tim serta para pemain, untuk tidak menjadikan hiburan sepakbola di tanah air menjadi seperti dagelan-dagelan konyol layaknya diacara Srimulat. Dan tentu saja kepada Ketua Umum PSSI yang kami hormati dan kami cintai untuk memberikan solusi dan rumus-rumus jitu agar kompetisi sepakbola Indonesia semakin indah dan enak dipandang mata.

Akhirul kata, saya haturkan Selamat kepada Sriwjaya FC atas prestasi sebagai Juara Copa Indonesia kembali.. semoga sukses lagi di tahun-tahun berikutnya..

Glory.. Glory… Sriwjaya FC…….

Written by mangoeni

Juni 29, 2009 pada 1:30 am

Ditulis dalam Berita, Sepak Bola, Sriwijaya FC

8 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. salam kenal🙂
    congratz untuk sriwijaya berhasil mempertahankan gelarnya di copa. sangat disayangkan final tdk berlangsung 90 menit

    takpenting

    Juni 29, 2009 at 1:58 am

  2. pertama, bukan SFC yang meminta pertandingan final Copa digelar di Jakabaring Palembang. BLI yang memutuskan dan semua klub menyetujui keputusan itu termasuk Persipura.

    kedua, SFC itu tidak butuh “bantuan” wasit u/ memenangi sebuah pertandingan. jadi sangat naif kalo ada tuduhan wasit Purwanto memihak kubu tuan rumah semalem. dan kalo pun ia salah, itu murni kesalahan sebagai manusia. wasit juga manusia.

    ketiga, yess.. menang euy! :p

    Arten®

    Juni 29, 2009 at 9:33 am

  3. Menambahkan, ada tindakan Boaz “Boci” Salossa yang terlalu berlebihan thd wasit, hukuman percobaannya sdh dicabut y? Yah semoga BLI bisa “tegas” mengambil keputusan nantinya, mau diapakan itu tim Persipura. Karena secara tidak langsung mencoreng moreng sepakbola nasional yg sdh kayak benang kusut ini.

    Viva SFC..!!! Viva Brasil..!! (lohhh)😀

    *ado yg bilang final piala konfederasi dak seru, salah tuh (uwongnyo ^)

    Au'

    Juni 29, 2009 at 12:53 pm

  4. #Au’ :
    final piala confederasi memang tidak seru koq, soalnya gak ada Argentina.. :p

    Arten®

    Juni 29, 2009 at 6:41 pm

  5. Okalu gitu jd lebih lebih tidak seru lg krn takada Indonesianya y?😀

    Au'

    Juli 2, 2009 at 3:59 am

  6. bagiiiii sfc maju truzzzzzzzzzz ker333n

    nitta

    November 19, 2009 at 10:27 am

  7. Numpang lewat mas..
    kapan2 mampir ke blog aq ya…: http://www.cindycomputer.com
    makacih

    cindy

    Maret 5, 2011 at 12:56 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: