..:: Blog-Nyo MangOeni ::..

Ada Cerita, Ada Berita, Ada Tulisan, ada-ada aja…

Archive for the ‘Opini’ Category

Enterobacter Sakazakii, Berbahayakah?

with 8 comments

Oleh Widodo Judarwanto

Kembali terjadi permasalahan dalam dunia kesehatan di Indonesia sehingga terjadi kecemasan luar biasa. Betapa tidak, ditemukan adanya Enterobacter sakazakii (E. sakazakii) dalam susu formula anak-anak dan bubur bayi. Berdasar hasil penelitian IPB terhadap 74 sampel susu formula, 13,5 persen di antaranya mengandung bakteri berbahaya tersebut.
Sebenarnya, USFDA (United States Food and Drug Administration) ternyata pernah melansir temuan yang sama, yaitu sekitar 14% susu terkontaminasi E. sakazakii dalam sebuah negara. Kenapa demikian banyak susu terkontaminasi, tetapi tidak tampak korban berjatuhan?
Gejala keracunan yang dapat ditimbulkan susu formula bayi tidak disebabkan oleh komponen biokimia atau bahan yang terkandung di dalamnya. Manusia dapat mengalami gejala keracunan karena susu tersebut telah terkontaminasi oleh bakteri. Susu dapat menjadi media pertumbuhan yang baik bagi bakteri karena di dalamnya terdapat komponen biokimia yang juga diperlukan oleh bakteri untuk tumbuh dan berkembang.
Selain E. sakazakii, bakteri lain yang sering mengontaminasi susu formula ialah Clostridium botulinu, Citrobacter freundii, Leuconostoc mesenteroides Escherichia coli Salmonella agona, Salmonella anatum, Salmonella bredeney, Salmonella ealing, Salmonella Virchow, Serratia marcescens, Salmonella isangi, dan berbagai jenis salmonella lainnya.

Baca entri selengkapnya »

Written by mangoeni

Maret 3, 2008 at 5:14 am

Ditulis dalam Opini

Tagged with

Tolololpedia, Parodinya Tante Wiki

with 5 comments

tahukah-anda.gifGue yang ngerasa lagi stress berat, tadi nggak sengaja browsing ke sebuah situs yang namanya Tolololpedia. Website yang memparodikan / plesetan dari tante wiki ini kayaknya cocok deh buat obat stress. Ntah siapa yang punya ide-nya, tapi gue dukung banget. Salah satu yang bikin gue ngakak adalah artikel Tahukah Anda, joke-joke yang rada garing itu bikin gue terpingkal-pingkal. Belum lagi artikel-artikel yang lain yang bener-bener ngawur. Yang menjelaskan ensiklopedia suatu negara yang bener-bener ngawur dan maksa banget.

Tolololpedia yang katanya adalah suatu gerakan reformasi informasi anti Wikipedia, tentu isinya jauh dari informasi dan ilmu pengetahuan yang benar seperti yang terdapat di Wikipedia. Buat temen-temen yang lagi iseng dan stress coba deh liat sendiri situsnya Tolololpedia.

Dibawah ini artikel Tahukah Anda dari Tolopedia yang gue ambil :

Baca entri selengkapnya »

Written by mangoeni

Januari 24, 2008 at 4:14 am

Ditulis dalam Iseng, Opini, Tahukah Anda

Tagged with ,