..:: Blog-Nyo MangOeni ::..

Ada Cerita, Ada Berita, Ada Tulisan, ada-ada aja…

Membuat Foto menjadi seperti goresan pensil/hitam putih yang ekslusif

with 16 comments

before - after

Dalam Photoshop kita bisa berkreasi apa saja dengan foto/gambar digital yg kita miliki. Salah satunya yang saya paparkan dibawah ini hanya dengan beberapa perintah menduplikat layer, sedikit shortcut pada keyboard, merubah layer blend dan perintah Filter Gaussian blur. Kita dapat menghasilkan sebuah foto/gambar seperti goresan pensil seorang pelukis profesional dan Top Markotop. hanya dengan menggunakan aplikasi Photoshop. Untuk tutorial ini saya menggunakan Photoshop CS3, tetapi untuk kerja ini sepertinya bisa juga anda menggunakan versi sebelumnya dari Photoshop CS3. Oke, mari kita mulai :

Siapkan foto close up warna Anda. (lebih baik lagi yg memiliki background satu warna) akan lebih mudah dan bagus hasil akhirnya.

Foto yang akan saya gunakan pada tutorial ini adalah foto saya sendiri sekalian promosi wajah🙂 :

foto asli

Langkah 1 : Menduplikat Layer Background

Pada saat membuka file foto pada Photoshop, kita akan memiliki satu buah layer yaitu layer background :

layer pallete - backgroud

Langkah pertama adalah menduplikat layer background tersebut. cara paling mudah dengan menggunakan shortcut pada keyboard, Tekan Ctrl+J (Win) / Command+J (Mac). Dan pada layer palette akan muncul layer 1 diatas layer background. yang merupakan hasil duplikasi dari layer background tersebut :

layer 1 - hasil copy layer background

Langkah 2 : Desaturate Layer 1

Langkah selanjutnya adalah men-Desaturate atau merubah menjadi hitam putih, layer 1 hasil duplikat kita tadi. Cara mudahnya adalah Klik pada layer 1 pada layer pallete dan kemudian tekan shortcut pada keyboard Shift+Ctrl+U (Win) / Shift+Command+U (Mac) :

desaturate layer 1

Langkah 3 : Duplikat Layer Desaturate tersebut

Selanjutnya kita memerlukan copi dari layer yg telah di Desaturate tadi. Pada layer pallete, layer yang aktif adalah layer 1 (adalah layer yang telah didesaturate tadi), kemudian sekali lagi kita pakai cara yang mudah dengan menggunakan shortcut pada keyboard, Tekan Ctrl+J (Win)/Command+J (Mac), yang akan menghasilkan layer baru yaitu layer 1 copy :

copy layer desaturate

Langkah 4 : Invert Layer

Pada Layer 1 copy, kita perlu meng-Invert layer tersebut. Maksudnya disini adalah (men-swap) atau bisa juga diartikan menukar/membalikan warna pada layer tersebut yang mana warna gelap dibalik menjadi terang dan terang dirubah menjadi gelap kemudian warna yang sedikit terang menjadi agak gelap begitu juga sebaliknya. Sekali lagi perintah yang kita gunakan menggunakan shortcuts pada keyboard adalah Ctrl+I(Win) / Command+I(Mac). Yang hasil yang kita dapatkan adalah versi negative dari foto/gambar kita :

desaturate layer - di invert

Langkah 5 : Rubah Blend Mode dari Layer yang telah di Invert menjadi “Color Dodge”

Dengan layer yang paling atas (layer yang telah di Invert) terseleksi pada layers pallete, Rubah blend mode layer tersebut dari “Normal” menjadi “Color Dodge”. Kamu bisa melakukannya dengan cara meng-klik panah bawah yang ada tulisan “Normal” pada bagian atas layers pallete dan pilih “Color Dodge” pada tampilan list menu kebawah tersebut, Ini akan merubah foto/gambar menjadi putih, tetapi jangan takut.. :

layer invert - blend mode

Langkah 6 : Tambahkan Filter Gaussian Blur pada layer yang telah di Color Dodge.

Ini adalah langkah 6, yang merupakan langkah terakhir menghasilkan effect foto seperti goresan pensil. Yang kita perlukan adalah memberi Filter Gaussian Blur pada layer yang telah di Color Dodge. Caranya adalah dengan layer yang paling atas (layer yang telah di Color Dodge) terpilih di layer pallete. Pilih pada menu yang terletak paling atas di monitor anda. Pilih menu Filter, pilih Blur dan pilih Gaussian Blur pada list menu Blur yang tampil tersebut :

filter>blur>gaussian blur

akan tampil Kotak Dialog Menu Gaussian Blur:

dialog box - gaussian blur

Kuncinya adalah dengan merubah nilai Radius pada kotak dialog menu gaussian blur tersebut tadi sampai anda mendapatkan hasil seperti goresan pensil. Caranya adalah menggeser slider bar pada bagian bawah sekali kotak dialog menu gaussian blur dengan mouse anda, sampai mendapatkan hasil yang kira2 telah memuaskan anda. Ini adalah contoh hasil akhir dari saya:

slider bar - gaussian blur

Terima kasih atas perhatiannya, dalam tulisan ini saya bukan bermaksud menggurui teman2 yang sudah jago dalam menggunakan aplikasi Photoshop. Ini hanya sekedar berbagi pengetahuan kepada teman2 yang mungkin belum bisa/mengetahui effect2 yang bisa kita buat dengan aplikasi Photoshop..

FINAL RESULT :

final result

(tutorial ini diadopsi dari rekan-rekan saya di ps-lover.com)

Written by mangoeni

Oktober 24, 2007 pada 8:54 am

Ditulis dalam Photoshop, Tutorial

Tagged with ,

16 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. wuih… mantap tuh…
    salam kenal dari: http://simpanglima.wordpress.com/

    isdiyanto

    Maret 15, 2008 at 7:54 pm

  2. thank buat pengetahuan nya, jadi tambah ilmu nich..!! buat kita2 yang baru/ pingin belajar photoshop khusus nya aku he he he…🙂 thank ya broo

    fena

    Mei 14, 2008 at 3:41 pm

  3. oke broo thanks banget… ndak perlu ragu untuk membagi ilmunya… makasih…

    ———

    Terima Kasih kembali

    si is

    Juni 25, 2008 at 4:37 pm

  4. makasih infonya nanti aku coba, tapi oke banget tuh

    andy

    Juli 20, 2008 at 9:38 am

  5. Top Markotop

    iput

    Agustus 14, 2008 at 3:43 pm

  6. wuiiiiiiihhh terima kasih banyakkk
    gila asik dan kerennnn artikel nya
    kalo ada pelajaran baru lag yang bagus dan keren tapi mudah bagi-bagi ya ilmu ya,, kirim aja via email
    makasih ya salam kenal

    ubay

    Oktober 11, 2008 at 5:20 pm

  7. arghh.. my eyes!!

    Arten (M login)

    Oktober 12, 2008 at 8:08 pm

  8. […] lagi menggunakan aplikasi Photoshop yang pernah sebelumnya saya publish diawal-awal blog ini saya buat, sebenarnya tutorial ini khusus ditujukan bagi rekan2 yang hobby jepret-jepret dan bercita-cita […]

  9. sikok tula men jingok foto ini, keculunan MO kejingokan nian, wkakakaka

    Aan

    Maret 6, 2009 at 10:34 am

  10. #Aan : Lucu yg mano An?

    mangoeni

    Maret 6, 2009 at 3:15 pm

  11. bagus bngt mas N makasih dah mo berbagi ilmunya

    Shofari

    Agustus 26, 2009 at 2:50 am

  12. […] lagi menggunakan aplikasi Photoshop yang pernah sebelumnya saya publish diawal-awal blog ini saya buat, sebenarnya tutorial ini khusus ditujukan bagi rekan2 yang hobby jepret-jepret dan bercita-cita […]

  13. kalau efek lukisan gmana kak?

    justin bieber

    Maret 5, 2011 at 11:46 am

  14. […] lagi menggunakan aplikasi Photoshop yang pernah sebelumnya saya publish diawal-awal blog ini saya buat, sebenarnya tutorial ini khusus ditujukan bagi rekan2 yang hobby jepret-jepret dan bercita-cita […]

  15. […] lagi menggunakan aplikasi Photoshop yang pernah sebelumnya saya publish diawal-awal blog ini saya buat, sebenarnya tutorial ini khusus ditujukan bagi rekan2 yang hobby jepret-jepret dan bercita-cita […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: